Manfaat Quality Time Bareng Si Kecil yang Wajib Kamu Tau!

Selasa, 11 Juli 2023

Punya waktu berkualitas dengan Si Kecil adalah momen yang sangat berharga. Karena manfaat quality time dengan anak nggak hanya membantu mempererat hubungan antara orang tua dan anak, tetapi juga memberikan dampak positif dalam perkembangan mereka. 

Menurut studi, masa kanak-kanak atau golden age merupakan periode penting dalam pembentukan kepribadian dan keterampilan Si Kecil. Nah dengan Ibu dan Ayah memberikan perhatian penuh dan terlibat aktif dalam kegiatan Si Kecil, Ibu dan Ayah dapat memperkuat ikatan emosional, dan membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang bahagia dan seimbang. Yuk cari tahu beberapa manfaat quality time dengan Si Kecil di bawah ini!

Manfaat Quality Time dengan Anak

1. Membangun Rasa Percaya Diri Si Kecil

Manfaat quality time pada anak bisa didapatkan dengan melakukan berbagai aktivitas atau hal menyenangkan bersama SI Kecil. Kegiatannya pun tak perlu selalu yang menghabiskan kocek yang besar, mengajaknya bermain di taman dekat rumah atau olahraga bersama bisa boost rasa percaya dirinya. Si Kecil jadi merasa dihargai, dan menyadari jika ia memiliki ruang yang aman bersama kedua orang tua-nya. Inilah yang membuat Si Kecil bisa melihat dirinya secara positif dan membangun self-esteem-nya.

Artikel Lainnya: Tummy Time dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

2. Membuat Si Kecil Merasa Dicintai

Ketika Si Kecil merasakan cinta dan harmoni antara orang tua dan dirinya, dampaknya akan terasa juga di sekitar orang tua. Sebagai orang tua kita akan merasa dapat diandalkan dan bahagia dengan lingkungan tumbuh Si Kecil.

3. Meningkatkan Kemampuan Akademik Si Kecil

Ada beberapa manfaat lain yang muncul ketika kita meluangkan waktu bersama Si Kecil, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan akademiknya. Melalui waktu berkumpul bersama, kita memiliki kesempatan untuk membimbing dan mendampingi mereka dalam proses belajar.

Dampaknya sangat positif, tidak hanya pada peningkatan kinerja akademik mereka, tetapi juga membuat Si Kecil merasa didukung secara positif. Dengan adanya dukungan ini, Si Kecil akan merasa lebih percaya diri dalam meraih kesuksesannya di bidang akademik maupun dalam kehidupan secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: Manfaat Sensory Play dan Mainan Sensorik Anak yang Wajib Ibu Tahu!

4. Mengasah Keterampilan Komunikasi Si Kecil 

Ketika Ibu dan Ayah menghabiskan waktu dengan Si Kecil, Ibu dan Ayah juga menciptakan lingkungan yang terbuka untuk komunikasi. Komunikasi yang baik sangat penting agar anak-anak merasa nyaman untuk berbicara, dan ini akan membantunya kelak saat berhadapan di lingkungan sosial. Ibu dan Ayah bisa mencoba dengan bertanya bagaimana hari mereka, hal itu sudah bisa memberikan perbedaan besar dalam keterampilan komunikasi Si Kecil. Perhatikan pertanyaan dan respon Ayah dan Ibu dalam berkomunikasi sangat berpengaruh lho dalam cara pandang Si Kecil.

5. Perkuat Ikatan Keluarga

Keluarga yang menghabiskan waktu secara teratur dan berbagi kegiatan sehari-hari bisa membentuk  ikatan emosional yang kuat. Bagaimana ikatan emosional dengan keluarga terbentuk akan berpengaruh saat Si Kecil mulai membangun relasi pertemanan dan lingkungan sosialnya kelak. 

Itu dia manfaat quality time bersama anak. Menghabiskan waktu berkualitas bersama Si Kecil, perlu juga dengan memberikan perhatian serta kenyamanan yang mereka butuhkan! Salah satunya dengan Baby Happy Body Fit Pants. Diapers yang dapat membuat Si Kecil terhindar dari masalah ruam pada area popok. Baby Happy Body Fit Pants didesain dengan Air Through Technology yang memastikan sirkulasi udara lancar dan Si Kecil tidak kepanasan saat memakai popok. Dan, yang terpenting Baby Happy Body Fit Pans punya daya serap ekstra 70% lebih tinggi dari popok lainnya. 

Dengan Baby Happy Body Fit Pants, kulit bayi tetap kering dan terlindungi, sehingga momen quality time bersama Ibu dan Ayah semakin menyenangkan! Yuk dapatkan produknya dan berikan perawatan maksimal untuk Si Kecil. Karena Moms Happy, Baby Happy!

Sumber:

Edumaster Privat. Permainan Edukasi Anak. Diakses Juli 2023.