Bayi Alami Ruam Popok? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Kamis, 30 Maret 2023

Ibu, Si Kecil rewel terus? Padahal sudah disusui dan tidur cukup? Coba cek bagian lipatan-lipatan pada tubuhnya, siapa tau ada sesuatu yang bikin Si Kecil nggak nyaman. Bisa jadi salah satunya adalah ruam popok. 

Ruam popok adalah keluhan kulit yang cukup sering menyerang  bayi dan balita. Hal ini ditandai dengan bercak-bercak merah atau sisik yang muncul di area genital atau pantat Si Kecil. 

Ada beberapa penyebab terjadinya ruam popok, seperti:

  1. Penggunaan popok yang terlalu ketat
  2. Kulit Si Kecil yang sensitif
  3. Bayi sedang mengalami diare
  4. Penggunaan produk minyak atau popok baru di kulit bayi
  5. Efek konsumsi makanan baru
  6. Konsumsi obat antibiotik 

Tapi Ibu dan Ayah nggak perlu panik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ruam popok bayi. Cara-cara ini membantu Si Kecil untuk mengalami pemulihan ruam popok yang lebih baik dan bikin baby happy.

1. Pastikan Area Sensitif Selalu Kering & Bersih

Ibu harus lebih sering mengganti popok Si Kecil, jangan sampai lembab dan membuat ruam semakin parah. Saat mengganti popok, Ibu bisa melap bagian pantat Si Kecil dengan kain lembut dan semprotan air dari botol supaya kulit bayi tidak lembab. Perhatiin cara membersihkannya, jangan terlalu kencang agar tidak terjadi iritasi. 

2. Perhatikan Penggunaan Popok Sekali Pakai

Kalau Ibu sudah menemukan popok yang cocok dengan Si Kecil pastikan untuk tidak terlalu sering berganti-ganti merk popok. Pilih popok yang cocok dengan kulit bayi, dan ukurannya tidak terlalu kecil dan ketat. Seperti Baby Happy Body Fit Pants yang punya daya serap sampai 70%. Dengan breathable backsheet yang memastikan adanya sirkulasi udara supaya popok nggak panas sehingga kulit bayi tidak lembab dan bebas ruam. 

3. Pastikan Ukuran Popok Pas

Popok yang terlalu ketat bikin kulit Si Kecil jadi gampang lembab, sedangkan popok yang terlalu besar, menimbulkan gesekan pada area tersebut dan bisa menambah iritasi. Coba cek lagi ya Bu, apakah ukuran yang sekarang dipakai sudah sesuai atau belum. Kalau belum, lebih baik gunakan size yang sesuai. 

4. Oleskan Salep atau Krim Penenang

Ibu bisa coba atasi ruam popok pada bayi dengan oleskan salep yang mengandung zat zinc oxide pada bagian yang mengalami ruam popok. Tapi, sebaiknya Ibu dan Ayah konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk penggunaan salep ataupun krim ruam. 

5. Perhatikan Kebersihan Tangan Ibu & Ayah

Karena kulit Si Kecil masih sangat sensitif di umur-umur awal kehidupannya, pastikan Ibu & Ayah mencuci tangan saat akan mengganti popok atau bersentuhan langsung dengan kulit Si Kecil. 

Itu dia beberapa cara untuk mengatasi ruam popok pada bayi.  Ibu & Ayah juga bisa coba gunakan popok Baby Happy Body Fit Pants atau varian Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark yang memiliki keunggulan daya serap lebih cepat, kering tahan lama, bebas ruam dan tidak menyebabkan iritasi. Yuk dapatkan sekarang juga produknya! Semangat terus ya, Ibu & Ayah dalam merawat Si Kecil, Baby Happy, Mom Happy! ❤️

Sumber: 

National Health Service UK (2021). Nappy Rash.

KidsHealth (2021). Parents. When Can My Baby Start Eating Solid Foods?

KidsHealth (2019). Parents. Diaper Rash.

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Diaper Rash.

Dasher, E. Baby Center (2020). Diaper Rash.

Parker, S. J. WebMD (2020). Diaper Rash Treatments.