Buah untuk MPASI 6 Bulan: Pilihan Bergizi untuk Pertumbuhan Si Kecil

Jumat, 24 November 2023

Menginjak usia 6 bulan, bayi membutuhkan tambahan energi, protein, dan zat besi. Kebutuhan nutrisi tersebut bisa terpenuhi jika Ibu memberikan makanan yang tepat untuk Si Kecil. Salah satu sumber vitamin yang baik untuk Si Kecil adalah mulai membiasakannya mengonsumsi buah-buahan. Pertanyaannya adalah apakah Si Kecil sudah boleh menikmati buah saat MPASI di umur 6 bulan?

Jawabannya adalah ya, boleh! Memperkenalkan buah pada MPASI pertama bayi merupakan langkah positif. Buah memberikan sumber nutrisi yang penting, termasuk vitamin, mineral, dan serat. Namun penting untuk Ibu memilih buah yang teksturnya sesuai dengan kemampuan bayi yang masih beradaptasi dengan makanan padat. Buah dapat diolah menjadi puree atau potongan kecil agar mudah dikonsumsi oleh bayi.

Tips mengonsumsi buah pada bayi 6 bulan

1. Perkenalkan Satu Buah pada Satu Waktu

Ketika Ibu mulai memberikan buah pada Si Kecil, lebih baik memperkenalkan satu jenis buah pada satu waktu. Ini memungkinkan Ibu buat ]memantau ada reaksi alergi atau ketidaknyamanan yang muncul. Jadi kalau nggak cocok, Ibu bisa langsung memberhentikan atau nggak memberikannya lagi.

2. Pilih Buah yang Sesuai dengan Usia

Seiring dengan pertumbuhan, kemampuan Si Kecil untuk mengunyah dan mencerna buah akan berkembang. Tapi tetap pilih buah yang sesuai dengan usia Si Kecil, ya Bu. Untuk bayi yang lebih kecil, buah dapat dihaluskan atau dijadikan puree.

3. Awali dengan Tekstur yang Lembut

Untuk bayi yang baru memulai MPASI, buah dengan tekstur lembut seperti pisang, alpukat, atau mangga dapat menjadi pilihan yang baik. Haluskan buah tersebut menjadi puree atau potong kecil untuk memudahkan Si Kecil mengonsumsinya.

Artikel Lainnya: Kenalan Yuk Bu Sama Pure Makanan Bayi!

4. Hindari Gula Tambahan

Saat memberikan buah pada Si Kecil, nggak disarankan untuk menambahkan gula tambahan ya, Bu. Biarkan Si Kecil merasakan rasa alami buah, biar ia memiliki pengalaman rasa yang sehat.

Daftar Buah yang Bisa Dikenalkan Sejak MPASI

Pisang Buah untuk MPASI 6 Bulan

1. Pisang

Dengan tekstur lembut dan rasa manis, pisang matang sangat mudah dicerna oleh bayi, sementara kandungan vitamin dan mineralnya memberikan nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya.

2. Apel

Apel mengandung serat tinggi dan vitamin C yang baik untuk pencernaan dan sistem kekebalan tubuh bayi. Potong dan kukus apel terlebih dahulu untuk membuatnya lebih mudah dikonsumsi.

3. Alpukat

Alpukat, pilihan istimewa untuk perkembangan otak Si Kecil. Dengan tekstur lembut dan kandungan lemak sehat tinggi, alpukat bisa dihaluskan menjadi puree yang lezat, memberikan nutrisi optimal untuk mendukung pertumbuhan otak bayi.

Artikel Lainnya: Resep MPASI Pure Buah Nikmat untuk Bayi

4. Mangga 

Mangga kaya akan vitamin A dan C, serta serat yang mendukung sistem pencernaan bayi. Pilih mangga yang matang untuk memudahkan proses penghalusan.

5. Pepaya 

Pepaya memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Teksturnya yang lembut dan rasa manis membuatnya menjadi buah yang cocok untuk MPASI pertama.

Itu dia beberapa tips dan pilihan buah yang bisa Ibu terapkan dan masukkan ke dalam menu MPASI Si Kecil. Selain memberikan buah-buahan yang penuh gizi, jangan lupa juga ya Bu untuk mendukung pertumbuhan dengan menjaga kesehatan kulitnya. Seperti memilih Baby Happy Body Fit Pants untuk diapers Si Kecil.

Baby Happy Body Fit Pants dilengkapi dengan Air Through Technology, sebuah teknologi inovatif yang memastikan sirkulasi udara optimal di sekitar kulit Si Kecil. Dengan adanya daya serap ekstra sebesar 70%, diapers Baby Happy Body Fit Pants mampu menyerap cairan lebih banyak secara instan. Hal ini nggak cuma menjaga kulit Si Kecil tetap kering, tetapi juga mengurangi risiko terjadinya ruam. Ibu jadi tenang karena Si Kecil nyaman dan nggak rewel.

Dengan Baby Happy Body Fit Pants, Ibu nggak hanya memberikan nutrisi yang baik melalui MPASI, tetapi juga merawat kesehatan dan kenyamanan kulit Si Kecil dengan sempurna. Jangan lewatkan penawaran menarik untuk produk diapers Baby Happy ini. Kenyamanan Si Kecil adalah investasi yang nggak ternilai!

Sumber: 

National Health Service UK. Baby: From Around 6 Months. Diakses November 2023.

Cleveland Clinic (2020). Feeding Your Baby: The First Year. Diakses November 2023.