Duh, Si Kecil Rewel Terus! Cek Cara Ampuh Menangani Bayi Sering Menangis

Rabu, 10 Mei 2023

Tangisan Si Kecil sering membuat para orang tua khawatir sampai panik. Semakin kencang tangisannya, semakin bertanya-tanya apa penyebabnya. Yuk, Ibu dan Ayah kita belajar bersama mengenali penyebab bayi menangis dan cara mengatasi bayi menangis secara terus menerus. 

Penyebab Bayi Rewel dan Menangis Terus

Sebelum menangani bayi yang nangis terus menerus, Ibu harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab Si Kecil rewel. Biasanya beberapa hal di bawah ini yang menyebabkan bayi menangis terus menerus:

  1. Kelaparan
  2. Popok sudah penuh atau basah
  3. Kelelahan
  4. Ingin dipeluk
  5. Tubuh kedinginan atau kepanasan
  6. Kolik

Frekuensi bayi menangis akan lebih sering di tujuh minggu pertama umurnya dan akan berkurang seiring dengan bertambahnya umur. Mulai saat itu, Ibu & Ayah bisa mencoba hal berikut untuk menangani bayi yang menangis terus menerus.

1. Menyelimuti Bayi dengan Kain

Menyelimuti bayi dengan kain atau yang sering kita sebut membedong, bisa menenangkan bayi karena membuatnya merasa nyaman. Kenyamanan tersebut dirasakan Si Kecil seperti saat berada dalam rahim Ibu. 

Selain itu, metode bedong juga dapat membuat bayi tidur semakin nyenyak karena dapat mengurangi efek kejut yang sering dialami Si Kecil saat tidur.

2. Menggendong Bayi Dalam Posisi Telungkup

Posisi telungkup membuat bayi dalam keadaan meringkuk seperti saat di dalam rahim. Hal ini bisa membuat Si Kecil merasakan kenyamanan saat berada di rahim Ibu. Tapi jangan lakukan terlalu sering ya, Bu. Saat Si Kecil sedang anteng, Ibu bisa menggendongnya dalam keadaan telentang.

Artikel Lainnya: 5 Arti Tangisan Dari Bayi Ini, Memiliki Arti!

3. Mengecek Popok Si Kecil

Ketika popok Si Kecil sudah terlalu basah, atau saat Si Kecil banyak buang air akan menimbulkan perasaan kurang nyaman jika didiamkan terlalu lama. Hal ini yang membuatnya bisa menangis terus menerus kalau tidak langsung diganti. Jangan lupa gunakan popok Baby Happy Body Fit Pants dengan inovasi air through technology yang membuat permukaan teratas popok terasa lembut dan empuk seperti kapas. Selain itu, produk ini mampu menghindarkan Si Kecil dari ruam popok karena daya serapnya mencapai 70%.

4. Memutar Suara Menenangkan

Mendengarkan Si Kecil suara-suara yang menenangkan dapat membantu menangani bayi sering menangis. Ibu bisa memutarkan suara air mengalir, atau rintik hujan dari ponsel Ibu untuk didengarkan Si Kecil.

5. Mengayun atau Menggoyangkan Tubuh Bayi

Menggoyangkan secara konstan membantu Si Kecil merasa lebih tenang. Ibu bisa menggerakkan badan dan juga mengajak Si Kecil bicara sambil menenangkannya.

6. Memijat dan Mengusap Tubuh Bayi dengan Lembut

Usapan dan pijatan lembut di punggung bayi dapat merangsang otak bayi dan saraf otak untuk dapat merasa lebih tenang dan nyaman. Pijatan juga bisa mengurangi rasa nyeri yang dirasakan Si Kecil.

7. Memberi Dot Bayi

Mengisap dot bayi dan jari adalah salah satu metode relaksasi yang baik untuk bayi. Namun Ibu baru bisa lakukan hal ini, jika beberapa langkah di atas tidak berhasil, ya.

Sebab memberi dot terlalu sering memiliki risiko Si Kecil menjadi ketergantungan dengan dot atau muncul masalah pada mulut dan gigi akibat dot yang tidak rutin dibersihkan atau diganti.

Itu dia beberapa cara menangani bayi yang sering menangis. Ibu & Ayah bisa mencoba menerapkannya dari sekarang. Selain itu agar kesehatan Si Kecil tetap terjaga dan bebas dari ruam popok, dapatkan popok Baby Happy Body Fit Pants dan Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark diapers di sini!

Sumber: 

Mayo Clinic (2019). Crying Baby? How to Keep Your Cool. Diakses April 2023.

Healthline. Help! My Baby Won’t Stop Crying. Diakses April 2023.