Catat Bu, Ini Cara Mengajak Anak Belajar Puasa

Senin, 13 Mei 2024

Puasa adalah praktik spiritual yang penting dalam banyak budaya dan agama. Bagi keluarga yang menjalankan ibadah puasa, mengajarkan anak belajar puasa adalah langkah penting dalam mendidik mereka tentang nilai-nilai spiritual dan disiplin diri. Nah, Baby Happy mau memberikan tips khusus buat para orang tua dalam memberikan panduan yang pas untuk mengajarkan anak berpuasa. Simak beberapa tips anak belajar puasa di bawah ini!

Mengajarkan anak belajar puasa tidak hanya memperkenalkan mereka pada tradisi keagamaan keluarga, tetapi juga mengajarkan mereka tentang kesabaran, empati, dan pengendalian diri. Anak belajar untuk menghargai nikmat yang seringkali mereka anggap remeh, seperti makanan dan minuman, dan memahami pentingnya berbagi dengan orang yang membutuhkan. 

Umumnya anak-anak mulai diperkenalkan pada konsep puasa sekitar usia 7 hingga 8 tahun. Pada usia ini, mereka sudah mulai cukup mengerti tentang mengapa dan bagaimana kita berpuasa. Namun, pengenalan puasa harus disesuaikan dengan kemampuan dan kesiapan fisik serta mental mereka.

1. Latihan Bertahap

Mulailah dengan periode puasa yang lebih pendek. Ajarkan anak untuk tidak makan selama beberapa jam di pagi hari dan secara bertahap tingkatkan durasinya.

2. Jadikan Proses Belajar Menyenangkan

Berikan mereka kalender puasa dimana mereka bisa menandai hari-hari mereka berhasil berpuasa dan memberi reward kecil sebagai apresiasi.

Artikel Lainnya: Tips Lancar Saat Umroh Membawa Bayi

3. Libatkan dalam Persiapan Sahur dan Berbuka

Ajak anak terlibat dalam mempersiapkan makanan sahur dan berbuka. Ini akan membuat mereka lebih bersemangat untuk berpuasa dan merasakan kehangatan berbagi momen bersama keluarga.

4. Cerita dan Edukasi

Gunakan cerita-cerita inspiratif tentang puasa untuk mengedukasi mereka tentang nilai dan manfaat berpuasa.

5. Berikan Contoh yang Baik

Anak belajar dari apa yang mereka lihat. Tunjukkan komitmen Ayah dan Ibu dalam berpuasa dan Ayah Ibu juga bisa membagikan pengalaman berpuasa.

Artikel Lainnya: Manfaat Quality Time Bareng Si Kecil yang Wajib Kamu Tau!

6. Beri Dukungan Positif

Berikan dukungan yang positif dan hindari memaksa. Pastikan anak merasa bahwa puasa adalah pengalaman yang menyenangkan dan membanggakan serta berasal dari niat dan kemauannya. 

Dalam banyak tradisi, anak-anak di bawah usia baligh tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun, mengajak mereka untuk berpartisipasi secara sukarela dapat memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut termasuk mengembangkan rasa empati, meningkatkan kontrol diri, dan memperkuat ikatan keluarga melalui kegiatan bersama.

Selama periode puasa, kenyamanan anak juga sangat penting, Baby Happy Body Fit Pants dengan teknologi Air Through yang meningkatkan sirkulasi udara dan daya serap EXTRA 70%, mampu menjaga kulit bayi tetap kering selama 12 jam. Fitur ini sangat penting, terutama saat perjalanan panjang di mana pergantian popok mungkin tidak selalu mudah.

Dengan Baby Happy Body Fit Pants, Ibu bisa memastikan kenyamanan Si Kecil, memungkinkan keluarga untuk berbagi kebahagiaan tanpa khawatir selama momen-momen berpuasa. Ketenangan pikiran ini memungkinkan semua anggota keluarga untuk fokus beribadah bersama-sama dan belajar mengenai arti puasa sebenarnya. Yuk dapatkan produk Baby Happy Body Fit Pants sekarang!

Sumber: 

Jurnal Harley, J. (2022). 7 Ideas for Teaching Children to Fast in Meaningful Ways. Diakses April 2024.

Artikel PennyAppeal. 7 Tips to Help Ease Your Child into Fasting During Ramadan. Diakses April 2024.