Peran dan Penggunaan Empeng dalam Pertumbuhan Bayi

Senin, 26 Februari 2024

Empeng bayi atau dot bayi adalah alat berbahan karet atau silikon yang dirancang khusus untuk memberikan sensasi mengisap pada bayi, mirip dengan menyusu pada payudara ibu. Seringkali empeng atau dot bayi dijadikan alat jitu bagi orang tua untuk membuat Si Kecil yang rewel jadi lebih anteng saat memberikan alat yang satu ini.

Namun sebenarnya, pemakaian dot bayi disarankan diberikan setelah bayi terbiasa menyusu pada payudara ibu, umumnya setelah mencapai usia satu bulan. 

Aman atau Tidaknya Empeng Bayi

Penggunaan empeng bayi dianggap aman jika dilakukan dengan benar. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai anjuran dapat meningkatkan risiko terhadap kesehatan gigi dan rahang bayi.

Agar aman juga perhatikan pergantian dot bayi dilakukan secara teratur, setidaknya setiap dua bulan sekali atau lebih sering jika terdapat tanda-tanda kerusakan. Merawat dot bayi dengan baik dapat mengurangi risiko infeksi dan kerusakan pada alat tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Quality Time Bareng Si Kecil yang Wajib Kamu Tau! 

Apakah Ada Manfaat Empeng Bayi?

Dot bayi mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan ekstra pada bayi, sehingga  dalam situasi tidur atau saat bayi merasa tidak nyaman. Selain itu pemakaian dot bayi dapat membantu mengurangi kecemasan pada bayi, memberikan rasa aman yang diperlukan untuk perkembangan emosionalnya.

Dot bayi juga dapat memberikan kesempatan bagi ibu untuk istirahat sejenak, karena bayi dapat tenang dengan penggunaan dot.

Dampak Penggunaan Empeng pada Pertumbuhan Bayi

Penggunaan dot bayi yang berlebihan atau terlalu lama dapat memengaruhi perkembangan rahang dan gigi, menyebabkan ketidaknormalan pada pertumbuhan struktur mulut.

Artikel Lainnya: Tummy Time dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Selain itu beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemakaian dot bayi yang berlebihan dapat berkontribusi pada gangguan berbicara pada masa perkembangan.

Dalam memilih dot bayi, pertimbangkan juga kenyamanan dan kesehatan si kecil. Seperti produk popok Baby Happy Body Fit Pants dengan Air Through Technology yang dapat menjadi solusi terbaik untuk kenyamanan Si Kecil. Dengan daya serap ekstra 70%, menjaga kulit bayi tetap kering. Selain itu memiliki permukaan popok yang nyaman dan lembut seperti kapas. Pilih Baby Happy Body Fit Pants yuk bu untuk memberikan perlindungan terbaik pada Si Kecil.

Sumber: 

Mayo Clinic (2022). Pacifiers: Are They Good for Your Baby? Diakses Februari 2024