Hindari Kesalahan Ini Saat Mengganti Popok Bayi

Selasa, 18 Juni 2024

Ibu, mengganti popok pada pada bayi mungkin terlihat sederhana, tetapi beberapa kesalahan umum bisa membuat bayi merasa tidak nyaman atau bahkan menyebabkan masalah kulit dan jadi nggak leluasa melalui aktivitasnya. Hal tersebut bisa sangat berpengaruh dengan pertumbuhannya. Nah, tapi jangan khawatir, bareng Baby Happy kita belajar bersama memberikan kenyamanan terbaik untuk Si Kecil. Biar kesalahan mengganti popok pada bayi nggak terulang, yuk ketahui kesalahan apa saja yang paling sering dilakukan di bawah ini, beserta tips mengatasinya.

1. Menggunakan Ukuran Popok yang Tidak Tepat

Salah satu kesalahan paling umum adalah menggunakan popok yang ukurannya tidak sesuai dengan berat atau ukuran bayi. Popok yang terlalu kecil dapat menyebabkan ruam dan iritasi karena gesekan, sedangkan popok yang terlalu besar bisa bocor karena tidak pas di tubuh bayi.

Selalu periksa panduan ukuran pada kemasan Baby Happy untuk menemukan ukuran yang tepat sesuai berat badan Si Kecil. Seiring pertumbuhannya pun Ibu harus sadar untuk mengganti ukuran popok sesuai pertumbuhan Si Kecil.

2. Mengganti Popok Terlalu Jarang

Mengganti popok terlalu jarang dapat menyebabkan pembentukan bakteri dan iritasi kulit karena kelembaban yang tinggi. Ini juga meningkatkan risiko ruam popok.

Jadi disarankan untuk mengganti popok setiap 3-4 jam sekali atau sesegera mungkin setelah bayi buang air besar untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bayi.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Ukuran Popok Bayi yang Tepat!

3. Pemasangan Popok yang Terlalu Kencang atau Longgar

Menggunakan popok yang terlalu erat dapat membatasi gerakan bayi dan memotong sirkulasi, sementara popok yang terlalu longgar bisa mengakibatkan kebocoran.

Pastikan Ibu dapat memasukkan dua jari Ibu di antara pinggang bayi dan popok untuk memastikan popok pas namun tetap nyaman.

4. Tidak Membersihkan Area Genital Bayi Secara Menyeluruh

Kebersihan adalah kunci untuk mencegah iritasi dan infeksi. Banyak orang tua terburu-buru saat mengganti popok, dan berakibat meninggalkan residu penyebab iritasi.

Gunakan tisu basah non alkohol untuk membersihkan area genital bayi secara menyeluruh sebelum mengganti dengan popok baru. Pastikan untuk membersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari kontaminasi.

5. Mengabaikan Ruam Popok

Ruam popok bisa terjadi karena berbagai alasan, termasuk kelembaban yang berlebih dan reaksi terhadap sabun atau deterjen. Mengabaikan ruam bisa membuat kondisi bertambah parah.

Gunakan popok Baby Happy Body Fit Pants yang memiliki inovasi daya serap ekstra 70%, sehingga kulit Si Kecil nggak gampang lembab dan bebas ruam popok. Tapi jika sudah terlanjur ada ruam, dan bertambah parah atau tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Artikel Lainnya: Bayi Alami Ruam Popok? Ini 5 Cara Mengatasinya!

6. Menggunakan Popok dengan Bahan yang Tidak Sesuai

Beberapa bayi mungkin sensitif terhadap bahan tertentu dalam popok. Menggunakan bahan yang kurang sesuai dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi.

Pilihlah popok Baby Happy Body Fit Pants yang terbuat dari bahan hipoalergenik dan bebas pewangi untuk mengurangi risiko iritasi. Selalu perhatikan reaksi kulit bayi terhadap produk baru dan sesuaikan jika diperlukan.

Menggunakan popok yang tepat dan mengikuti praktik terbaik dalam penggunaannya bukan hanya meningkatkan kenyamanan bayi, tetapi juga menjaga kesehatan kulit dan kebahagiaan mereka. Baby Happy berkomitmen untuk mendampingi setiap langkah pengalaman parenting Ibu dan Ayah dengan menyediakan produk yang aman dan nyaman untuk si kecil.

Seperti Diapers Baby Happy Body Fit Pants menawarkan solusi optimal dengan berbagai keunggulan:

  1. Super Lembut dan Daya Serap Tinggi: Memberi kenyamanan pada bayi sepanjang hari dan menghindari kebocoran yang sering terjadi karena pemilihan ukuran yang salah.
  2. Sirkulasi Udara yang Baik: Air Through Technology memastikan sirkulasi udara yang baik, menjaga kulit bayi tetap halus dan bebas iritasi, mengatasi masalah yang muncul akibat pemasangan popok yang tidak tepat atau terlalu kencang.
  3. Indikator pada backsheet, membantu para orang tua mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti popok, menghindari penggunaan popok yang terlalu lama yang dapat menyebabkan iritasi.

Memilih Baby Happy Diapers Body Fit Pants bukan hanya tentang kenyamanan bayi, tetapi juga tentang menjaga bayi Anda tetap sehat dan bahagia. Jadi, beralihlah ke pilihan yang membuat perbedaan nyata dalam perawatan harian bagi kesayangan Ibu.

Yuk dapatkan diapers Baby Happy Body Fit Pants di sini!

Sumber: 

American Pregnancy Association (2015). Changing A Diaper. Diakses Mei 2024.

My Kudos. 5 Diapering Mistakes Learned The Hard Way. Diakses Mei 2024.