Ketahui Jadwal Tidur Bayi untuk Bantu Tumbuh Kembangnya!

Selasa, 16 Mei 2023

Tahukah Ibu? Waktu tidur bayi merupakan momen penting dalam tumbuh kembangnya. Hal itu disebabkan selama fase tidur bayi, terjadi produksi hormon pertumbuhan. Namun pola dan jadwal tidur bayi sangat bervariasi. Ibu bisa menyimak jadwal tidur bayi melalui artikel ini untuk bantu perkembangan Si Kecil jadi lebih optimal. 

Pola Tidur Pada Bayi

Karena pola tidur bayi sangat berbeda-beda, Ibu dapat mencatat jadwal tidur bayi dari tabel berikut dan memastikan kesayangan Ibu memiliki jam tidur yang cukup. 

Umur BayiTotal Durasi Tidur

dalam 1 Hari

Total Durasi Tidur

Malam

Total Durasi Tidur

Siang

0-1 Bulan (Newborn)16 Jam8-9 Jam8 Jam
1-2 Bulan15,5 Jam8-9 Jam7 Jam
3-6 Bulan15 Jam9-10 Jam4-5 Jam
6-8 Bulan14 Jam10 Jam4 Jam
9-11 Bulan14 Jam11 Jam3 Jam
12 Bulan14 Jam11 Jam3 Jam

 

Artikel Lainnya: Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi dengan Sleep Training

Tips  Mengatur Jadwal Tidur Bayi 

Saat Si Kecil mulai menginjak usia 3 bulan ke atas, pola tidur akan mulai berubah dan lebih rutin bangun di pagi hari. Jadwal tidur bayi 4 bulan dan 6 bulan pun akan semakin panjang. Pada usia ini, bayi sudah mampu tidur sepanjang malam sekitar 8-12 jam dan sudah dapat dilatih untuk tidur.

Ini beberapa tips yang wajib Ibu simak untuk mengatur jadwal tidur bayi setiap harinya!

1. Ciptakan Kamar yang Nyaman

Agar bayi nyaman untuk tertidur, pastikan Ibu menyiapkan kamar yang gelap, sejuk dan tenang. Pastikan juga Ibu sudah mengganti popok Si Kecil dengan popok bersih. Ibu bisa memilih diapers Baby Happy Body Fit Pants yang tidak menyebabkan ruam dengan daya serap ekstra 70%. Dijamin Si Kecil tidur nyaman sepanjang malam, tanpa gelisah karena popok basah.

2. Buat Tidur yang Terjadwal

Jadwal tidur bayi usia 4-6 bulan biasanya memerlukan waktu tidur tiga kali di siang hari (pertama di pagi hari, kemudian di siang hari, dan tidur sore sebentar untuk membantunya tidur malam). Sedangkan, jadwal tidur bayi 7-8 bulan, biasanya sudah tidak melakukan tidur sore, karena durasi tidur siangnya bisa lebih panjang (sekitar satu atau satu setengah jam).

Saran dari para ahli, Ibu bisa menjadwalkan bayi untuk tidur malam di pukul 17.30-18.30 dan bangun di pukul 6.00-7.00, serta tidur siang di pukul 8.00-9.00.

Namun hal tersebut tidak dapat dipatenkan. Setiap bayi punya kebutuhan dan kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Jadi, Ibu harus belajar memperhatikan pola tidur anak dan membiasakannya, ya.

Artikel Lainnya: 5 Arti Tangisan Dari Bayi Ini, Memiliki Arti!

3. Belajar Membaca Pola Tidur & Jam Bangun Bayi

Paling penting untuk Ibu lakukan adalah memperhatikan pada jam berapa saja Si Kecil mulai mengantuk dan tidur, serta kapan Si Kecil mulai bangun secara mandiri setiap harinya.

Perhatikan juga tanda-tanda bayi mulai merasa lelah dan mengantuk, seperti mengucek mata, menguap, atau rewel. Tujuannya adalah untuk menidurkan bayi Anda saat dia mengantuk tapi belum tidur, sehingga dia memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana tertidur tanpa bantuan Mama. Pada saat seperti ini, juga bisa Ibu manfaatkan untuk beristirahat sambil menidurkan Si Kecil.

Mulai catat dan ingat kebiasaan tidur Si Kecil selama satu bulan berturut-turut, dari tidur siang hingga tidur malam Si Kecil. Dari catatan tersebut, Ibu bisa membuat jadwal tidur bayi sesuai dengan kebutuhannya. 

Yuk, bu dicoba tipsnya bareng diapers Baby Happy Body Fit Pants, biar Si Kecil bisa tidur lebih nyaman dan tenang di siang maupun malam hari. Tak perlu khawatir, Baby Happy Body Fit Pants punya beberapa inovasi yang ditawarkan:

  1. Anti ruam karena memiliki daya serap tinggi ekstra 70%.
  2. Air through technology, yang membuat sirkulasi lebih lancar.
  3. Comfort fit & dry, lapisan lembut dan tipis yang menyerap cairan lebih banyak.

Dapatkan produknya di sini biar Moms Happy, Baby Happy! 

Sumber: 

Artikel Nutriclub.Pola Asuh Anak Bayi Dalam Mengatur Jam Tidur.Diakses Mei 2023.