Ketahui Manfaat Kaldu Jamur, Amankah untuk Si Kecil?

Jumat, 15 Desember 2023

Ketika Si Kecil masuk ke umurnya yang keenam bulan, momen penting tiba untuk memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Seiring pertumbuhannya, nutrisi dari cuma dari ASI nggak lagi mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembangnya. Namun, pertanyaan banyak yang muncul, “Bolehkah MPASI dengan kaldu jamur?”

MPASI dan Bahan Perasa: Hati-hati pada Usia 6-8 Bulan

Penting untuk memahami bahwa pada tahap awal MPASI (usia 6-8 bulan), Ibu harus sangat hati-hati dalam memilih bahan perasa. Para dokter menyarankan untuk nggak terlalu banyak menambahkan garam, gula, atau perasa buatan, termasuk kaldu instan yang banyak beredar di pasaran. 

Mengapa? Sebab, nggak semua bahan perasa aman buat kesehatan Si Kecil, terutama jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Berbagai perasa sering kali mengandung MSG (monosodium glutamate), yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko gangguan syaraf, jantung, dan organ lain pada bayi. Nggak hanya itu, dalam literatur kesehatan juga menyarankan bahwa anak yang terbiasa dengan citarasa yang terlalu tajam mungkin cenderung menjadi picky eater, atau sulit menerima ragam jenis makanan.

Artikel Lainnya: Tahapan MPASI yang Wajib Ibu Perhatiin!

Alternatif Sehat dengan Membuat Kaldu Jamur MPASI  dari Bahan Alami

Bagaimana jika ingin memperkaya rasa pada MPASI tanpa risiko yang berlebihan? Ada alternatif aman yang dapat dicoba, seperti menggunakan rempah-rempah alami atau membuat kaldu  jamur MPASI sendiri di rumah. Salah satu pilihan yang menarik adalah kaldu jamur.

Menurut beberapa sumber, kaldu jamur mengandung rasa gurih yang lezat dan memberikan nilai tambah pada cita rasa makanan bayi. Jamur sendiri memiliki nutrisi yang baik, termasuk vitamin D yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Membuat kaldu jamur MPASI di rumah juga memberikan kontrol penuh atas bahan-bahan yang digunakan, menjauhkan bayi dari risiko bahan tambahan yang tidak diinginkan.

Manfaat Kaldu Jamur MPASI

  • Rasa Lezat dan Bergizi
  • Vitamin D untuk Pertumbuhan Tulang
  • Menambah asupan asam amino
  • Menambah asupan protein
  • Menambah sarat vitamin, mineral, antioksidan, beta-glukan, hingga serat makanan

Jadi,  “Bolehkah kaldu jamur MPASI?” adalah ya, dengan catatan menggunakan jamur yang aman dan memastikan kebersihan dan kualitas bahan yang digunakan. Dengan demikian, kita tidak hanya memberikan cita rasa yang lezat, tetapi juga memastikan MPASI bayi aman dan menyehatkan.

Artikel Lainnya: Manfaat Jagung Buat MPASI Si Kecil, Wajib Dicatat Bu!

Dalam perjalanan memperkenalkan Si Kecil pada dunia rasa melalui MPASI, nggak kalah pentingnya adalah memilih perlengkapan terbaik untuk kenyamanannya. Diapers Baby Happy, dengan varian Baby Happy Body Fit Pinkfong Baby Shark, memberikan perlindungan maksimal dan kenyamanan lebih lama buat Si Kecil.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan!

1. Penyerapan Cepat

Hanya dalam 0,5 detik, diapers ini menyerap urin dengan cepat, menjaga kulit si kecil tetap kering dan bebas ruam popok.

2. Teknologi Hexagon

Membuat permukaan diapers tetap kering hingga 18 jam, memberikan perlindungan optimal.

3. Perekat Ultrasonic

Perekat yang tinggi dan fleksibel menjaga diapers tetap pas di tubuh Si Kecil, sehingga ia dapat bergerak dengan leluasa.

Dengan memilih Baby Happy Diapers, Ibu nggak hanya memberikan perlindungan terbaik untuk Si Kecil tapi juga menciptakan pengalaman nyaman yang tak terlupakan. 

Semoga perjalanan MPASI dan penggunaan diapers ini memberikan kebahagiaan dan kenyamanan bagi seluruh keluarga. 

Happy parenting, Bu bareng Baby Happy! Dapatkan Baby Happy Diapers di sini.

Sumber: 

Forum Alodokter. ‘Bolehkah Mengonsumsi Kaldu Jamur untuk MPASI’. Diakses Desember 2023.