Menangani Bayi dengan Intoleransi Laktosa

Senin, 30 Oktober 2023

Intoleransi laktosa adalah sebuah kondisi pada bayi terjadi ketika tubuhnya kesulitan mencerna laktosa, yang terdapat dalam susu dan produk susu lainnya seperti yogurt, keju, dan mentega. Bahkan, kandungan laktosa dalam ASI hampir dua kali lipat dibandingkan dengan susu. Ini terjadi karena kurangnya enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa.

Enzim laktase normalnya memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa, yang sangat penting sebagai nutrisi untuk pertumbuhan bayi. Namun, pada bayi dengan intoleransi laktosa, laktosa tidak terpecah dengan baik, menghambat penyerapan nutrisi dan menyebabkan ketidaknyamanan serta kemungkinan gejala seperti gangguan pencernaan.

Ciri-Ciri Bayi Intoleransi Laktosa

  1. Kembung karena kandungan gas terlalu banyak di perut
  2. Sendawa dan buang angin terus menerus
  3. Mual disertai muntah
  4. Diare
  5. Sembelit
  6. Bayi menangis rewel

Artikel Lainnya: Tahapan MPASI yang Perlu Ibu Tahu!

Cara Atasi Intoleransi Laktosa Pada Bayi

1. Tingkatkan Kalsium dan Vitamin D

Jika bayi Ibu mengonsumsi makanan pendamping ASI, penting untuk memastikan asupan vitamin D yang mencukupi. Vitamin D diperlukan untuk membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Alternatif vitamin D dan kalsium seperti hati, tahu, tempe, ikan sarden, sayur (sepan berdaun hijau erti bayam, pokchoy, brokoli, dan sawi hijau), roti, jus buah, atau yogurt. Selain itu, rutin berjemur di sinar matahari pagi juga dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D.

2. Teruskan Pemberian ASI

Bayi dan balita yang menerima susu sapi cenderung memiliki risiko intoleransi laktosa yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk terus memberikan ASI eksklusif kepada bayi.

Penting untuk diingat bahwa intoleransi laktosa pada bayi sebagian besar bersifat sementara dan gejalanya dapat membaik dalam beberapa minggu. Jika hal ini terjadi berkepanjangan, Ibu dapat mempertimbangkan untuk kembali memperkenalkan susu sapi dan produk susu lainnya ke dalam makanan bayi.

Artikel Lainnya: Tips dan Strategi Mengatasi Si Kecil Menolak MPASI

Menghadapi Si Kecil yang intoleransi laktosa pasti sulit dan bikin khawatir ya Bu, tapi Baby Happy berusaha menemani dan memberikan kenyamanan yang optimal untuk Si Kecil. Menghadirkan diapers Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark. Penggunaan diapers tentunya dapat membantu Si Kecil yang memiliki intoleransi laktosa, terutama saat Si Kecil mengalami diare. Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark dan segala manfaat lainnya di sini!

Sumber: 

Artikel Nutriclub ‘Alergi Bayi Kenali Intoleransi Laktosa Pada Bayi’. Diakses September 2023.

Artikel Halodoc ‘5 Menu MPASI Bayi’. Diakses September 2023.