Memahami MPASI Fortifikasi untuk Pertumbuhan Bayi

Kamis, 20 Juni 2024

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) merupakan langkah penting dalam perkembangan bayi. Salah satu jenis MPASI yang dapat memberikan manfaat yang besar adalah MPASI fortifikasi, yang kaya akan nutrisi tambahan penting. Artikel ini akan mengajak Ibu untuk lebih dalam mengenal apa itu ASI fortifikasi, manfaat MPASI fortifikasi, serta beberapa pertanyaan umum mengenai penggunaannya, termasuk keamanannya.

Pengertian MPASI Fortifikasi

MPASI fortifikasi adalah jenis makanan pendamping ASI yang mengandung nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh bayi. Proses fortifikasi ini bertujuan untuk mengembalikan atau menambahkan zat gizi yang mungkin hilang atau berkurang selama proses pengolahan. Ini adalah pembeda utama antara makanan fortifikasi dan makanan yang diolah secara rumahan.

Menurut Prof. Dr. Ir. Sugiyono M.AppSc, seorang pakar teknologi pangan, dan Dr. Mas Nugroho Ardi Santoso, SpA, MKes, dokter spesialis anak, MPASI fortifikasi sangat aman dikonsumsi. Produk ini mengikuti standar keamanan yang ketat, dikontrol oleh BPOM mulai dari bahan baku hingga proses produksi dan keamanan zat gizinya. MPASI fortifikasi sangat membantu dalam memberikan nutrisi tambahan seperti zat besi dan mikronutrien lain yang sulit dipenuhi sehari-hari.

Artikel Lainnya: Resep MPASI Hati Ayam dan Kenali Manfaatnya untuk Si Kecil

Manfaat ASI Fortifikasi

1. Peningkatan Nutrisi

ASI fortifikasi menyediakan nutrisi tambahan esensial yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan bayi secara keseluruhan.

2. Dukungan Perkembangan Otak

Fortifikasi dengan mikronutrien seperti omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak dan kemampuan kognitif bayi.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Nutrisi tambahan dari MPASI fortifikasi membantu memperkuat sistem imun bayi, melindungi mereka dari berbagai penyakit dan infeksi.

4. Mencegah Malnutrisi

Menurut data dari WHO dan penelitian lain, makanan fortifikasi telah terbukti mengurangi prevalensi anemia dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil motorik dan kognitif anak.

Artikel Lainnya: MPASI Tinggi Kalsium: Ketahui Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Keamanan ASI Fortifikasi

Meskipun MPASI fortifikasi aman dan memberi banyak manfaat, penting bagi orang tua untuk memilih produk yang tepat. Produk harus bebas dari bahan aditif berbahaya seperti pengawet berlebih atau sodium tinggi, yang bisa berpengaruh negatif jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Pastikan untuk memeriksa label, memilih merek terpercaya, dan memperhatikan kandungan nutrisi serta tekstur yang sesuai dengan usia bayi.

Memilih ASI fortifikasi adalah langkah proaktif dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal Si Kecil. Untuk mendukung kenyamanan bayi selama masa pertumbuhan ini, Baby Happy Body Fit Pants menawarkan solusi dengan inovasi daya serap ekstra hingga 70%, menjaga kulit bayi tetap kering hingga 12 jam dan mengurangi risiko iritasi serta ruam popok. Air Through Technology pada diapers ini juga memastikan sirkulasi udara yang baik, memberikan kenyamanan maksimal untuk bayi, khususnya mereka yang memiliki kulit sensitif.

Sumber: 

Mayo Clinic. Solid foods: How to get your baby started. Diakses Mei 2024. 

World Health Organization (WHO).WHO. 2002. Complementary feeding. Diakses Mei 2024.