Pentingnya Pasteurisasi MPASI yang Wajib Ibu Tahu

Senin, 18 Desember 2023

Memasuki fase Makanan Pendamping ASI (MPASI) merupakan langkah besar dalam perjalanan tumbuh kembang si kecil. Ibu udah tahu belum mengenai pasteurisasi yang bisa jadi kunci kesuksesan dalam mempersiapkan MPASI yang aman dan lezat bagi si buah hati? Yuk kita kupas tuntas!

Pasteurisasi pada dasarnya adalah suatu proses pemanasan yang bertujuan untuk membunuh bakteri berbahaya, virus, dan mikroorganisme patogen lainnya tanpa merusak nutrisi makanan. Dalam konteks MPASI, pasteurisasi menjadi langkah kritis untuk memastikan bahwa makanan yang disiapkan untuk si kecil bebas dari risiko kontaminasi yang dapat membahayakan kesehatannya.

Wajib Diperhatikan Dalam Pasteurisasi MPASI yang Aman

1. Pilih Bahan Berkualitas Tinggi

Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam MPASI berkualitas tinggi dan segar. Gunakan sayuran, buah, daging, atau bahan-bahan lainnya yang bebas dari kerusakan atau tanda-tanda kontaminasi.

2. Bersihkan Bahan dengan Teliti

Cucilah bahan-bahan dengan teliti di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran atau residu pestisida. Pastikan juga untuk membersihkan peralatan masak dan wadah penyimpanan dengan seksama.

Artikel Lainnya: Resep MPASI Pure Buah Nikmat untuk Bayi

3. Pilih Metode Pasteurisasi yang Tepat

Ada beberapa metode pasteurisasi yang dapat digunakan, tergantung pada jenis makanan MPASI yang ingin disiapkan. Beberapa metode yang umum digunakan meliputi pasteurisasi dengan pemanasan air, pasteurisasi dengan uap, dan pasteurisasi flash.

4. Perhatikan Suhu dan Waktu

Sesuaikan suhu pasteurisasi dan waktu pemanasan sesuai dengan jenis bahan makanan yang digunakan. Pastikan untuk memegang standar suhu yang direkomendasikan agar mikroorganisme berbahaya benar-benar tereliminasi.

5. Pendinginan Cepat

Setelah proses pasteurisasi selesai, segera dinginkan makanan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang dapat berkembang pada suhu ruangan. Pendinginan cepat juga membantu menjaga kualitas nutrisi makanan.

Cara Pasteurisasi MPASI yang Aman

Pastikan MPASI yang telah dimasak selesai disiapkan dengan cara-cara berikut:

  1. Setelah proses memasak MPASI selesai, pindahkan menu MPASI ke dalam wadah yang telah disterilkan
  2. Lanjutkan dengan mengukus MPASI yang telah ditempatkan dalam wadah steril
  3. Pastikan suhu selama proses pengukusan mencapai sekitar 72°C dan berlangsung selama 15 detik untuk memastikan panas telah merata
  4. Angkat wadah MPASI dari kukusan dengan hati-hati, lalu segera tutup rapat wadah tersebut
  5. Selanjutnya, simpan wadah MPASI yang telah dikukus di dalam kulkas untuk menjaga kebersihan dan keamanannya

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mengenalkan Si Kecil pada Makan Pakai Sendok!

Saat hendak disajikan, tidak perlu memanaskan MPASI lagi. MPASI dapat langsung disajikan dalam keadaan dingin.

Selain memahami proses pasteurisasi yang penting dalam mempersiapkan MPASI, Ibu juga perlu memastikan kenyamanan Si Kecil sepanjang hari. Baby Happy Diapers hadir sebagai solusi terbaik dengan varian Body Fit Pinkfong Baby Shark yang menghadirkan penyerapan super cepat hanya membutuhkan waktu 0,5 detik, serta mampu menjaga permukaan diapers kering hingga 18 jam!

Selain itu dan perekat ultrasonic-nya juga memberikan keleluasaan maksimal untuk Si Kecil dalam mengeksplorasi dan bergerak di masa tumbuh kembangnya. Dengan Baby Happy Diapers, Ibu nggak hanya memberikan perlindungan terbaik untuk kulit si kecil tetapi juga menciptakan pengalaman nyaman di waktu-waktu terbaiknya! 

Yuk temukan solusi kenyamanan buat Si Kecil bareng Baby Happy di sini!

Sumber: 

Artikel Moms Uung. Jangan Skip Bekal Penting Selama MPASI. Diakses Desember 2023.