Tips Lancar Saat Umroh Membawa Bayi

Senin, 25 Maret 2024

Beribadah bersama keluarga, termasuk mengajak Si Kecil  merupakan pengalaman yang sangat berharga dalam memperkuat ikatan spiritual dan kebersamaan. Umroh adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan bersama keluarga, termasuk si kecil. Karenanya dalam artikel ini, kami akan memberikan 8 tips yang harus diperhatikan ketika mengajak si kecil beribadah umroh.

1. Persiapkan dengan Matang

Sebelum berangkat, pastikan untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, termasuk dokumen perjalanan, perlengkapan pribadi, dan kebutuhan Si Kecil. Rencanakan juga untuk memilih waktu yang tepat agar perjalanan dapat berlangsung dengan lancar tanpa mengganggu rutinitas tidur Si Kecil.

2. Kenalkan Terlebih Dahulu Konsep Umroh

Sebelum berangkat, jika Si Kecil sudah memasuki usia 3 – 5 tahun, kenalkan konsep umroh kepada si kecil secara sederhana dan ramah anak. Ceritakan kisah-kisah umroh dan jelaskan pentingnya beribadah di tanah suci. Dengan demikian, Si Kecil akan lebih memahami dan antusias dalam menjalani perjalanan umroh.

Artikel Lainnya: Tips Persiapan Mudik Membawa Bayi yang Wajib Diperhatikan

3. Pilih Penginapan yang Ramah Anak

Saat memilih penginapan, pastikan untuk memilih yang ramah anak dan menyediakan fasilitas yang sesuai untuk si kecil, seperti tempat tidur bayi, area bermain, dan menu makanan anak.

4. Siapkan Kebutuhan Si Kecil 

Seperti membawa kereta dorong atau stroller untuk memudahkan mobilitas Si Kecil selama perjalanan. Kereta dorong akan sangat membantu saat berkeliling di sekitar tempat-tempat suci atau ketika Si Kecil butuh istirahat.

Bawa juga perlengkapan yang cukup selama perjalanan, termasuk popok, susu, makanan, mainan, dan pakaian yang nyaman. Pastikan juga untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan darurat jika diperlukan.

5. Atur Jadwal Ibadah dengan Bijak

Sesuaikan jadwal ibadah umroh membawa bayi dengan kondisi dan kebutuhan bayi. Perhatikan perubahan jam tidurnya yang mungkin terjadi di negara lain dan berikan waktu istirahat yang cukup agar bayi nyaman dan tidak rewel.

6. Libatkan Si Kecil dalam Ibadah

Jika sudah memasuki umur untuk belajar beribadah, ajak si kecil untuk ikut serta dalam ibadah dengan memberikan contoh yang baik dan mengajaknya untuk berdoa bersama. Beri penghargaan dan pujian atas partisipasinya dalam ibadah.

Artikel Lainnya: Tips Bebas Ribet Mudik Membawa Si Kecil dengan Mobil Pribadi

7. Perhatikan Kesehatan dan Kebersihan

Jaga kesehatan dan kebersihan si kecil dengan memberikan makanan sehat, air minum yang bersih, dan menjaga kebersihan tubuhnya. Selalu bawa tisu basah dan hand sanitizer untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan.

8. Bergantian dengan Pasangan dalam Menjaga Anak

Bergantian dengan pasangan dalam menjaga anak dapat membantu mengurangi beban dan memastikan bahwa Si Kecil mendapatkan perhatian cukup dari kedua orang tuanya. Hal ini juga memungkinkan setiap orang tua untuk dapat beribadah dengan khusyuk secara bergantian.

Agar perjalanan panjang saat beribadah makin nyaman,  Baby Happy Body Fit Pants hadir sebagai perlengkapan penting untuk perjalanan si kecil selama ibadah umroh. Dengan fitur-fitur unggulannya, seperti Air Through Technology dan daya serap extra 70%, Baby Happy Body Fit Pants memberikan perlindungan optimal dari ruam popok serta menjaga kulit si kecil tetap kering selama 12 jam. 

Dengan Baby Happy, momen share the happiness saat umroh makin nyaman dan menyenangkan! 

Upgrade sekarang ke Baby Happy Body Fit Pants dan berikan yang terbaik untuk kenyamanan Si Kecil selama perjalanan umroh.

Sumber: 

Artikel IDN Times. Tips Umroh Bersama Anak. Diakses Maret 2024