Catat Bu, Tips Mencuci Hidung Bayi Saat Pilek yang Aman

Rabu, 20 Maret 2024

Di masa pertumbuhannya, Ibu pasti akan sering menjumpai saat Si Kecil mengalami hidung tersumbat. Saat hidung Si Kecil tersumbat jangankan beraktivitas, Si Kecil bahkan mengalami kesulitan bernafas, dan hal tersebut seringkali membuat Ibu jadi khawatir. Karena tak hanya menjadi rewel, tapi waktu istirahat Si Kecil pun terganggu. Selain itu asupan makan dan minum menjadi berkurang karena kondisi tidak nyaman.

Belakangan ini, sedang ramai teknik spuit, atau suntikan yang diisi cairan salin (cairan infus isotonik atau hipertonik) yang dianggap mampu mengurangi sumbatan lendir dan kotoran dari dalam hidung. Lalu bagaimana tips aman cara mencuci hidung bayi? Yuk cek tips cuci hidung bayi saat pilek di bawah ini!

Yang Ibu perlu tahu, tindakan irigasi nasal yang umumnya dikenal sebagai mencuci hidung, merupakan langkah yang dapat dilakukan Ibu lakukan untuk membersihkan saluran hidung anak dengan aman, tapi harus dilakukan sesuai arahan dokter bu. Biasanya tindakan ini akan direkomendasikan dokter THT atau DSA Ibu saat Si Kecil mengalami hidung tersumbat atau talesma. Jadi jika Ibu ingin mencoba cara mencuci hidung bayi  di rumah hendaknya mengikuti langkah-langkah berikut:

Tips Mencuci Hidung Bayi Saat Pilek

1. Persiapkan Peralatan dan Cairan Cuci Hidung Bayi

  1. Siapkan spuit yang bersih dan cairan NaCl (garam) dalam keadaan steril
  2. Pastikan spuit dan cairan NaCl steril untuk menghindari kontaminasi

Artikel Lainnya: Tenang Moms, Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

2. Cek Posisi yang Tepat Saat Mau Mencuci Hidung Bayi

  1. Letakkan Si Kecil dalam posisi tegak, bisa berdiri atau duduk, di dekat wastafel atau baskom 
  2. Minta Si Kecil membuka mulutnya untuk menghindari cairan tertelan

3. Semprotkan Cairan ke Lubang Hidung

  1. Semprotkan cairan NaCl ke dalam satu lubang hidung anak
  2. Air bekas cucian akan mengalir keluar dari lubang hidung lainnya
  3. Ulangi proses untuk lubang hidung lainnya
  4. Lakukan langkah yang sama untuk membersihkan lubang hidung sebelahnya

Selain itu, setelah melakukan cuci hidung bayi, jangan lupa membersihkan wajah Si Kecil dari sisa-sisa cairan ya Bu, termasuk yang masuk ke mulut, nah untuk hal ini Ibu nggak perlu terlalu khawatir, minta Si Kecil untuk meludahkannya jika tertelan, tenang ya Bu tidak akan ada efek buruk yang terjadi.

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Nafas Serak pada Bayi

Melalui aliran cairan salin diharapkan kelembapan rongga hidung bayi saat pilek dapat terkendali dengan baik, sehingga pertumbuhan bakteri dapat dicegah. Kandungan ion dalam cairan pembersih juga memiliki manfaat tambahan seperti membantu memperbaiki sel-sel selama proses radang, mencegah kerusakan sel, mengurangi kekentalan dahak, dan mengurangi kematian sel epitel yang terdapat pada lubang hidung.

Itu dia tips aman cuci hidung bayi saat pilek yang sudah kita bahas. Kenyamanan dan kesehatan Si Kecil ternyata sangat erat kaitannya, agar Si Kecil yang sedang rewel karena pilek nggak semakin frustrasi dan bisa mendapatkan pemulihan yang cepat, baiknya Ibu juga memperhatikan pemakaian diapers bagi Si Kecil. Karena itu Baby Happy hadir dengan memberikan kenyamanan maksimal lewat Baby Happy Body Fit Pants

Baby Happy Body Fit Pants dirancang dengan Air Through Technology yang membuat sirkulasi udara popok menjadi lebih lancar. Permukaan teratas diaper yang bersentuhan langsung dengan kulit Si Kecil juga sangat lembut dan empuk seperti kapas. Sementara itu Baby Happy Body Fit Pants juga memiliki daya serap EXTRA 70%, mampu menyerap cairan lebih banyak. Hal ini mampu menjaga kulit bayi tetap kering selama 12 jam, sehingga terhindar dari ruam popok.

Yuk Bu, sekarang sudah saatnya upgrade ke Baby Happy Body Fit Pants untuk memberikan yang terbaik bagi Si Kecil. Dengan Baby Happy, share the happiness bareng Si Kecil makin maksimal!

Sumber: 

Artikel Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2022. Manfaat Cuci Hidung. Diakses Maret 2024.

Artikel Yankes Kemkes. Manfaat Cuci Hidung. Diakses Maret 2024.