Tips Persiapan Mudik Membawa Bayi yang Wajib Diperhatikan

Jumat, 21 April 2023

Bagi orangtua dengan anak yang masih kecil, pasti butuh banyak persiapan saat berencana untuk mudik lebaran. Apalagi jika menempuh perjalanan darat yang menghabiskan waktu berjam-jam, pastinya menjadi tantangan sendiri bagi para Ibu dan Ayah.

Selain itu pasti sudah nggak sabar berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Lalu apakah persiapan mudik membawa bayi bersama sudah matang dan aman? Dari perlengkapan yang dibawa saat mudik, sampai kesehatan Si Kecil? Ini beberapa hal yang wajib dipersiapkan secara matang saat mengajak Si Kecil mudik.

1. Bawa perlengkapan bayi

Catat beberapa perlengkapan bayi yang wajib Ibu & Ayah bawa agar perjalanan mudik jadi nyaman. 

  • Selimut untuk menghangatkan Si Kecil atau menutupi diri saat memberi ASI
  • Kantong plastik kotor
  • Krim ruam popok jika perlu
  • Tisu kering dan tisu basah
  • Botol kecil desinfektan tangan, sabun bayi, dan losion
  • Dot ekstra
  • Mainan favorit Si Kecil

2. Pastikan Si Kecil Sehat & Bawa P3K

Mudik bersama Si Kecil butuh persiapan lebih, terutama soal kesehatannya. Dan jika kesehatan Si Kecil sedang nggak baik jangan dipaksakan ya untuk tetap mudik. Maka sebaiknya, sebelum melakukan mudik, Ibu & Ayah bisa membawa Si Kecil ke dokter untuk mengecek kesehatannya, sekaligus meminta obat-obatan dan vitamin keperluan Si Kecil. Jangan lupa juga membawa termometer, jika tiba-tiba Si Kecil demam ataupun peralatan kesehatan lainnya.  

3. Nyaman dengan Pakai Baby Car Seat

Nah, kalau Ibu & Ayah melakukan mudik dengan moda transportasi pribadi seperti Mobil. Menggunakan baby car seat akan sangat membantu, dan pastinya bikin Si Kecil lebih aman & nyaman. Ibu & Ayah pun nggak perlu membopong Si Kecil setiap saat.

Artikel Lainnya: Bayi Baru Lahir? Emang Boleh Dibawa Keluar Rumah?

4. Bawa Camilan untuk Si Kecil

Penting sekali membawa makanan kecil untuk bayi saat perjalanan mudik. Bawalah biskuit gandum, buah-buahan potong atau telur rebus. Manfaat membawa camilan untuk mengatasi Si Kecil yang lapar di saat Ibu & Ayah belum dapat berhenti di tempat istirahat yang nyaman.

5. Alat Makan & Alat Minum

Bawalah alat minum dan makan untuk Si Kecil, apalagi untuk Ibu & Ayah yang memilih transportasi umum. Mungkin ketika kondisi terlalu padat akan sulit untuk memberikan ASI secara langsung. 

6. Perlengkapan Mengganti Popok

Saat di perjalanan, Ibu & Ayah perlu secara berkala mengganti popok Si Kecil agar tidak terjadi ruam popok. Namun, ruam popok bisa dicegah loh, dengan penggunaan Baby Happy Body Fit Pants yang punya daya serap 70% dan ada air through technology-nya! Inovasi yang dikeluarkan bikin Si Kecil bebas dari ruam popok. Selain itu, Baby Happy Body Fit Pants lapisannya lebih lembut dan tipis, dan dapat menyerap cairan lebih banyak! Jadi momen share the happiness bareng keluarga di momen puasa dan menjelang lebaran jadi lebih maksimal karena Si Kecil yang nyaman. Yuk Ibu & Ayah, bisa stok Baby Happy Body Fit Pants untuk perjalanan mudiknya di sini. 

7. Perhatikan Waktu Tempuh & Lokasi Istirahat

Persiapan mudik bersama Si Kecil memang butuh perhatian ekstra. Ayah & Ibu harus memperhatikan waktu tempuh dan titik-titik di mana bisa beristirahat. Jangan terlalu lama berkendara saat membawa bayi, karena hal tersebut akan membuat bayi tidak nyaman, bahkan hingga stres.

8. Rutin Berhenti di Rest Area  

Ayah dan Ibu yang membawa anak bayi sebaiknya sebaiknya istirahat secara teratur. Sediakan waktu untuk turun dari kendaraan, gunakan untuk pergi ke toilet atau merenggangkan tubuh. Susun jadwal istirahat sebelum perjalanan untuk mencegah kebosanan anak-anak dan memberikan waktu istirahat bagi pengemudi, hal ini juga mengurangi agar anak-anak tidak sering mabuk di kendaraan.

Artikel Lainnya: Tummy Time dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

9. Pastikan Stok ASI Selalu Aman

Pastikan stok ASI aman bagi Ayah dan Ibu yang membawa bayi saat mudik. Ibu bisa memompa ASI sebelum perjalanan. Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) ASI dapat bertahan hingga 24 jam jika disimpan dalam tas pendingin berinsulasi dengan kantong es beku.

10. Bawa Buku Cerita Kesukaan Si Kecil 

Bawa lagu dan rekaman cerita kesukaan Si Kecil. Lagu-lagu dan buku cerita kesukaan Si Kecil bisa membantunya tidak rewel dan gampang bosan. Pastikan jumlah lagu dan rekaman cerita yang tersedia cukup banyak sehingga bisa menemani Si Kecil selama perjalanan mudik.

11. Letakkan Perlengkapan Dekat Dalam Jangkauan

Letakkan perlengkapan anak di lokasi yang mudah dijangkau. Si Kecil mungkin memerlukan pakaian, camilan, popok, susu, dan barang-barang lain saat bepergian. Oleh karena itu, kemas perlengkapan anak dalam satu tas atau wadah dan letakkan di tempat yang mudah diakses. Pastikan tidak ada barang lain yang menumpuk di atasnya untuk menghindari kerepotan jika dibutuhkan dengan cepat.

12. Pastikan Popok Selalu Bersih

Periksa secara rutin kebersihan popok anak dan menggantinya jika perlu. Untuk anak-anak yang sedang belajar melepaskan popok atau toilet training, orang tua dapat melakukan berkala di rest area dan mengajak anak untuk buang air. Selain itu, orang tua dapat membawa pispot portable sebagai cadangan untuk kondisi darurat seperti macet.

Nah, Itu dia 12 tips yang harus diperhatikan saat persiapan mudik membawa bayi. Semoga artikel ini membantu Ibu & Ayah yang akan mudik bersama Si Kecil dan jadi maksimal share the happiness pada momen lebaran di kampung halaman! 

Sumber: 

Healthline: Best Gear for Flying with Your Baby diakses April 2023.

The Asian Parents : Persiapan Mudik Membawa Bayi diakses April 2023.