5 Arti Tangisan Dari Bayi Ini, Memiliki Arti!

Jumat, 31 Maret 2023

Ibu & Ayah penting untuk mengenali jenis-jenis tangisan pada bayi memang jadi tantangan tersendiri. Tangisan adalah cara bayi untuk berkomunikasi dan mengutarakan perasaannya ke Ibu & Ayah.  Untuk itu yuk kita belajar bareng  mengenali arti dari tangisan bayi menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia berikut!

1. Merasa Nggak Nyaman

Bayi bisa menangis karena merasa nggak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi ketika popok bayi udah penuh tapi nggak kunjung diganti-ganti. Tangisan nggak nyaman pada bayi biasanya memiliki pola seperti rengekan dengan nada rendah dan biasanya ada gestur menolak seperti memalingkan wajah atau tubuh. 

Langsung cek popok atau diapers Si Kecil ya, Bu, biar Si Kecil nggak tambah rewel. Tapi wajar banget kog, kalau Ibu & Ayah ngerasa kebingungan dengan jenis tangisan ini. Pastikan Ibu & Ayah memeriksa popok secara berkala, agar popok tidak panas dan lembap. Tapi nggak perlu worry,  Popok Baby Happy  memiliki teknologi Wetness Indicator yang ditandai dengan gambar gajah memudar, teknologi ini bisa memudahkan Ibu & Ayah banget untuk mengganti popok tanpa menunggu terlalu basah. 

2. Kesakitan

Biasanya tangisan ini ditandai dengan suara yang sangat kencang dan memekakkan telinga. Tangisan biasanya memiliki durasi yang sedikit lama. Tangisan seperti ini biasanya terjadi secara tiba-tiba akibat ada sesuatu, seperti disuntik, atau digigit serangga. Ibu & Ayah harus lebih peka ya dengan kondisi fisik Si Kecil.

3. Bosan

Bayi juga bisa merasa bosan, dan tangisannya biasanya dimulai seakan-akan menyebut kata ‘guuuu’ lalu diikuti tangisan. Penyebab bayi menangis karena bosan biasanya karena Si Kecil ingin berinteraksi dengan Ibu atau Ayah. Yuk perkuat bonding dengan Si Kecil sedari dini, karena hal itu bisa membantu pertumbuhan kognisinya dan bikin baby happy.

4. Alergi

Bayi juga sering menangis ketika terjadi alergi. Alergi terhadap komponen ASI yang berasal dari makanan dikonsumsi Ibu ataupun susu formula. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi seperti susu sapi, kacang-kacangan, telur, ikan dan masih banyak lagi. Jadi bu, perhatikan ya apa jenis alerginya. Dan sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

5. Kelelahan

Berbeda dengan orang dewasa, bayi yang kelelahan justru malah sulit untuk tidur. Bayi yang kelelahan justru akan rewel dan menangis khususnya saat tengah malam. Tangisan ini biasanya berlangsung lama dan ia akan tetap menangis meskipun sudah menyusu.

Untuk menenangkannya, Ibu bisa mencoba menidurkan bayi dengan menggendongnya dengan memakai selimut. Cara ini membuat Si Kecil merasa lebih nyaman seperti saat di dalam rahim. 

Itu dia, beberapa jenis dan alasan Si Kecil menangis. Kalau untuk urusan mengatasi rewel Si Kecil karena popok yang tidak nyaman, Ibu & Ayah bisa mengatasinya dengan penggunaan popok Baby Happy Body Fit! Yang sudah terbukti memiliki daya serap tinggi hingga 70%,  dan memiliki Wetness Indicator yang berbentuk gambar gajah penanda harus mengganti popok.

Jadi Ibu & Ayah nggak perlu mengganti popok menunggu basah atau Si Kecil menangis. Selain itu, Baby Happy memiliki Perekat Ultra Sonik yakni karet pinggang yang tinggi dan fleksibel menjadikan pinggang bayi terasa nyaman. Baby Happy juga menggunakan Overlap Technology menjadikan bagian pinggang yang bersentuhan dengan kulit bayi nyaman dan tidak menyebabkan iritasi.

Yuk dapatkan sekarang produk Baby Happy Body Fit Pants, dengan berbagai ukuran mulai dari S hingga XXL yang pasti bikin Baby Happy, Mom Happy! 

Sumber: 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3528963/

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1939455119300407

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/mengenal-tangisan-bayi