Arti Warna Feses Bayi yang Wajib Ibu Tahu

Senin, 22 Januari 2024

Feses bayi datang dalam berbagai bentuk dan warna. Dan setiap ciri-cirinya bisa mengindikasikan kondisi kesehatan Si Kecil. Seperti warna abu-abu atau putih sebagai tanda kalau Ibu dan Ayah harus segera membawa Si Kecil ke dokter anak. 

Karena itu warna feses pada bayi adalah sangat penting buat Ibu dan Ayah ketahui artinya. Nggak selalu juga warna feses bayi menunjukkan adanya masalah lho, jadi langsung aja yuk kita bahas arti warna feses bayi pada artikel Baby Happy, biar no panik-panik!

1. Hitam

Jangan langsung kaget ya Ibu, warna hitam ternyata warna yang sehat untuk feses bayi yang baru lahir kurang dari 1 minggu. Di 24 jam pertama kehidupannya, bayi akan mengeluarkan mekonium. Mekonium adalah zat yang terdiri dari sel-sel, cairan ketuban, empedu dan lendir yang tertelan saat di rahim. Mekonium bersifat steril dan nggak berbau.

2. Kuning Mustard

Ini adalah warna yang paling sering muncul, dan normal ya Bu terutama pada bayi yang disusui ASI.

3. Kuning Terang

Feses bayi yang berwarna kuning terang adalah hal yang umum terjadi pada bayi yang diberi ASI. Namun, jika tinja kuning terang lebih sering daripada biasanya dan sangat encer, bisa jadi itu diare. Diare dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Artikel Lainnya: Menangani Bayi dengan Intoleransi Laktosa

4. Oranye

Feses oranye adalah warna yang normal, hal ini terjadi akibat pigmen yang diambil pada pencernaan bayi ketika mengonsumsi susu formula. Dan terkadang berwarna lebih gelap.

5. Merah

Terkadang feses bayi juga bisa berubah menjadi merah akibat konsumsi makanan dan minuman berwarna merah tua, seperti jus tomat atau bit. Feses merah juga bisa berarti adanya darah dalam  usus bayi akibat infeksi usus. 

Bisa disebabkan oleh alergi susu atau adanya fisura anus. Beberapa obat berwarna merah, seperti amoksisilin atau cefdinir, juga dapat menyebabkan tinja merah.

Sebaiknya Ibu segera menghubungi dokter anak jika melihat feses bayi berwarna merah yang disebabkan bukan karena makanan.

6. Coklat Hijau Kekuningan

Bayi yang diberi susu formula mungkin memiliki feses yang memiliki warna kombinasi antara coklat hijau kekuningan. Feses bayi juga cenderung lebih padat dibandingkan bayi yang diberi ASI.

7. Hijau Gelap

Feses bayi hijau gelap paling umum terjadi pada bayi yang mulai makan makanan padat yang berwarna hijau, seperti bayam dan kacang polong. Suplemen zat besi juga dapat membuat feses bayi berwarna hijau.

Artikel Lainnya: Bayi Alami Ruam Popok? Ini 5 Cara Mengatasinya!

8. Putih

Putih bukan warna yang sehat pada feses bayi, warna ini bisa mengindikasikan adanya masalah hati atau empedu. Segera hubungi dokter anak, jika feses bayi berwarna putih. 

Itu dia artikel warna feses bayi, semoga bermanfaat ya Bu! Nah, agar Si Kecil nyaman di masa pertumbuhannya, siapin Baby Happy Body Fit Pants selalu ya, Bu! Baby Happy Body Fit Pants jadi solusi utama bagi orang tua yang mengutamakan kenyamanan dan kesehatan bayi. 

Dengan Air Through Technology yang canggih memungkinkan sirkulasi udara menjadi lebih lancar, dan menjaga kulit bayi tetap segar dan bebas ruam. 

Keunggulan daya serap EXTRA 70% juga membuat popok ini efektif menahan cairan lebih banyak, menjaga kulit bayi tetap kering hingga 12 jam. 

Yuk Bu gunakan Baby Happy Body Fit Pants buat kesayangan Ibu agar hari-harinya lebih nyaman dan bebas ruam popok! Dapatkan produknya di sini!

Sumber: 

Healthline Parenthood.What Does Your Baby’s Poop Color Say About Their Health?. Diakses Januari 2024.