Ibu dan Ayah, Ini Waktu yang Tepat Ganti Popok Si Kecil!

Rabu, 29 Maret 2023

Ibu dan Ayah yang baru saja menimang Si Kecil, pasti masih sering bertanya – tanya, kira-kira berapa kali ya Si Kecil harus berganti popok? Ibu & Ayah pasti ingin selalu memperhatikan kebersihan kulit Si Kecil, apalagi new born dengan kulit yang masih sangat sensitif. 

Lalu Kapan Harus Ganti Popok?

Dilansir dari situs doctor butler’s, frekuensi newborn untuk mengganti popok biasanya membutuhkan waktu 2-3 jam sekali. Tapi sebenarnya Ibu & Ayah baru bisa membaca pola buang air Si Kecil setelah beberapa minggu. Namun rata-rata bayi yang baru lahir bisa berganti popok sampai 12 kali dalam sehari, lalu semakin menurun secara bertahap ketika Si Kecil menginjak umur balita.  

  • Bayi baru lahir sampai 1 bulan = 5 – 12 kali sehari
  • 6-8 bulan ke atas = 6 -8 kali sehari
  • 12 bulan ke atas = frekuensi akan hampir sama seperti orang dewasa

Frekuensi penggantian popok dipengaruhi dari volume ASI atau susu yang diberikan pada Si Kecil

Namun penelitian para ahli kesehatan anak, ternyata tidak menyarankan pemakaian popok sekali pakai pada bayi baru lahir mengingat kulit mereka masih sangat sensitif. Sebaiknya Ibu & Ayah baru memakaikan popok pada si kecil saat berusia lebih dari 6 bulan.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi dengan Sleep Training

Efeknya Kalau Popok Lama Nggak Diganti

Perhatikan ini ya Ibu & Ayah, ada beberapa efek yang terjadi kalau popok Si Kecil nggak cepat diganti.

  1. Bayi jadi rewel karena potensi terkena ruam popok
  2. Kulit menjadi kemerahan
  3. Kulit mengelupas
  4. Kulit menjadi tempat kuman bersarang 

Karena itu sebaiknya Ibu atau Ayah mengganti popok sesegera mungkin sebelum popok dalam kondisi basah atau lembab. Jadi Ibu & Ayah jangan malas untuk pasang popok baby happy buat Si Kecil, ya! Apalagi popok Baby Happy Body Fit Pants punya daya serap tinggi hingga 70% dan air through technology yang bisa membuat kulit Si Kecil bebas ruam. 

Atau gunakan popok Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark dengan hexagon technology yang mampu menyerap hanya dalam 0,5 detik! Ibu dan Ayah jadi nggak perlu khawatir lagi, Si Kecil pasti nyaman dan aman. 

Juga tersedia berbagai macam varian dan ukuran, sehingga di setiap umur dan pertumbuhan Si Kecil bisa mendapatkan ukuran yang pas. Mulai dari ukuran S sampai XXL khusus untuk popok Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Baby Shark tersedia ukuran M & L! Dapatkan sekarang juga produk Baby Happy buat Si Kecil kesayangan Ibu & Ayah di sini. Karena Baby Happy, Mom Happy!

Sumber:

Journal Pediatric Dermatology. Diakses 2023. Diapering Habits: A Global Perspective

Nemours Kids Health. Diakses 2023. Diaper Rash

American Academy of Dermatology Association. Diakses 2023.