Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi dengan Sleep Training

Rabu, 5 April 2023

Sleep training belakangan ini kembali menjadi tren karena salah satu artis Indonesia yang menerapkan teknik ini pada buah hatinya. Pasalnya, di Indonesia metode sleep training masih sangat jarang diaplikasikan. Maka, jika Ayah & Ibu ingin belajar dan mencoba sleep training pada Si Kecil, yuk kenali terlebih dahulu! 

Mengenal Sleep Training

Si Kecil suka terbangun saat tidur di malam hari? Atau sulit tidur jika tidak digendong atau disusui? Lakukan sleep training bersama Si Kecil sebagai solusinya!  Sleep Training adalah teknik yang membantu bayi tidur dengan lebih nyenyak dan teratur. Pada dasarnya, teknik ini membantu bayi belajar untuk tidur tanpa bantuan orang tua, susu ataupun mainan. 

Mengutip What to Expect, para ahli merekomendasikan memulai sleep training saat Si Kecil berusia 5 hingga 6 bulan. Usia ini memungkinkan Si Kecil secara fisik bertahan selama 6 – 8 jam tanpa susu. Lalu apa saja cara sleep training baby yang bisa dilakukan orang tua?

Metode sleep training

1. Metode Ferber

Metode Ferber melibatkan Ayah & Ibu dalam mengikuti rutinitas waktu tidur Si Kecil dengan cara menidurkannya dan meninggalkan ruangan. Dalam tahap adaptasi, Ayah & Ibu akan masih kembali ke ruangan untuk menenangkan jika Si Kecil menangis. Namun, jika Si Kecil sudah tenang, Ayah & Ibu  bisa meninggalkan ruangan. Proses ini dilakukan secara bertahap hingga Si Kecil belajar menenangkan dirinya sendiri. 

2. Cry it out

Sebaliknya, metode ini memungkinkan orang tua untuk mengajak Si Kecil melalui rutinitas waktu tidurnya dengan membaringkannya di tempat tidur. Setelah itu, Ayah & Ibu mengucapkan selamat malam dan meninggalkan ruangan. Namun, metode ini sering dikritik karena membiarkan anak menangis dan berhenti sendiri saat lelah atau sudah merasa tenang.

3. The chair

Dalam metode ini, Ayah & Ibu berada di ruangan yang sama dengan Si Kecil. Namun, hanya dapat memantau Si Kecil dari jauh. Si Kecil ditempatkan pada tempat tidur saat mengantuk, lalu Ayah & Ibu hanya perlu berdiri atau duduk di sampingnya tanpa menyentuh. Jika Si Kecil menangis, Ayah & Ibu bisa menenangkannya dengan suara. Teknik ini bisa dilakukan secara bertahap hingga Ayah & Ibu bisa meninggalkan Si Kecil di tempat tidur.

Artikel Lainnya: Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi dengan Sleep Training

4. Metode tak menangis

Metode latihan tidur ini merupakan salah satu yang paling lembut. Metode ini mirip dengan metode Ferber. Ayah & Ibu dapat memasuki kamar dan menghibur bayi jika ia terbangun dan menangis. Namun yang paling penting adalah Ayah & Ibu mengembalikan Si Kecil ke tempat tidur saat masih terjaga. Hal ini akan memastikan bahwa Si Kecil jadi nggak bergantung pada keberadaan Ibu atau ayah untuk membuatnya tidur.

5. Metode cek

Metode ini melibatkan Ayah & Ibu yang datang setiap beberapa menit untuk memberikan tepukan kecil atau ucapan menghibur untuk Si Kecil selama proses tidurnya. Waktu pengecekan secara bertahap meningkat setiap beberapa menit. Setelah itu, menjadi sekitar setiap 15 menit sekali.

Manfaat Sleep Training

  1. Membantu bayi tidur lebih nyenyak dan teratur
  2. Membantu bayi bangun di pagi hari dengan semangat dan kondisi tubuh yang segar
  3. Membantu bayi merasa lebih tenang
  4. Membantu tumbuh kembang

Untuk mendukung kenyamanan Si Kecil saat tidur, Ayah & Ibu bisa menggunakan popok yang memiliki daya serap tinggi. Sehingga Si Kecil jadi nggak gampang rewel.  Seperti Baby Happy Body Fit Pants dengan inovasi air through technology membuat permukaan teratas popok yang bersentuhan langsung dengan kulit Si kecil menjadi lembut dan empuk seperti kapas dan memiliki daya serap ekstra hingga 70%. DAYA SERAP TINGGI & QUICK DRY LAYER. 

Selain varian Baby Happy Body Fit Pants, Baby Happy juga punya varian Baby Happy Fun & Comfort Pinkfong Babyshark, dengan inovasi terbaru yang bisa menyerap cairan hanya dalam 0,5 detik. Membuat permukaan tetap kering selama 18 jam, dan bikin bebas iritasi serta ruam popok! Dijamin Si Kecil nyaman sepanjang malam.  Ibu & Ayah bisa dapatkan produknya di sini!

Itulah penjelasan tentang metode serta manfaat dari sleep training. Semoga membantu Ayah & Ibu untuk menerapkan pola tidur yang sehat untuk Si Kecil! Mom Happy, Baby Happy! 

Sumber: 

Sleep Doctor. Diakses pada 2022. How to Sleep Train Babies.

Sleep Foundation. Diakses pada 2022. Sleep Training.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Sleep Training.