Lakukan Hal Ini untuk Atasi Anak Muntah

Jumat, 3 Mei 2024

Muntah adalah salah satu fenomena umum yang sering dialami oleh bayi. Bagi para orang tua, mungkin terkadang sulit untuk memahami apa yang sebenarnya menyebabkan muntah pada Si Kecil. Apakah itu hal yang normal atau tanda masalah kesehatan yang lebih serius?

Ibu bisa lihat dari beberapa tanda seperti anak muntah secara berlebihan atau terus-menerus, muntah yang kuat dan mendadak tanpa alasan yang jelas, muntah dengan warna atau bau yang tidak biasa, seperti berwarna hijau, berbusa, atau berbau anyir, serta disertai dengan gejala lain seperti demam tinggi, diare berat, dehidrasi, atau kelemahan yang ekstrim, yang semuanya bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian medis segera.

1. Berikan Minum yang Cukup

Setelah muntah, pastikan untuk memberikan Si Kecil minum yang cukup. Air putih atau larutan elektrolit ringan dapat membantu mencegah dehidrasi. Hindari memberikan minuman berwarna terlalu dini, karena bisa memicu muntah lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Bayi Gumoh? Jangan Panik, Kenali Penyebabnya!

2. Istirahatkan Lambung

Berikan istirahat pada lambung Si Kecil setelah muntah dengan tidak memberikan makanan atau minuman selama beberapa waktu. Ini membantu mencegah iritasi lebih lanjut pada lambung dan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih.

3. Hindari Memberikan Makanan Berat

Ketika Si Kecil muntah, hindari memberikan makanan berat atau sulit dicerna, seperti makanan berlemak atau pedas. Sebagai gantinya, berikan makanan ringan yang mudah dicerna, seperti bubur.

4. Jaga Si Kecil dalam Posisi yang Nyaman

Setelah muntah, posisikan Si Kecil dalam posisi yang nyaman, biasanya dalam posisi duduk atau setengah duduk. Ini membantu mencegah muntah berlebihan dan membuatnya lebih nyaman.

Artikel Lainnya: Menangani Bayi dengan Intoleransi Laktosa

5. Perhatikan Gejala Lain

Jika muntah disertai dengan gejala lain seperti demam tinggi, diare berat, atau kelemahan yang ekstrim, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hal ini bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius.

6. Konsultasikan dengan Dokter Anak

Jika muntah terjadi secara teratur atau tidak kunjung membaik, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak. Dokter dapat membantu menentukan penyebab muntah dan memberikan penanganan yang sesuai.

Agar di kondisi yang tidak fit, kenyamanan Si Kecil bisa tetap terjaga, pilih Baby Happy  Body Fit Pants yang hadir sebagai solusi untuk menjaga kulit si kecil tetap kering dan nyaman. Dengan fitur-fitur unggulan seperti Air Through Technology dan daya serap extra hingga 70%, popok ini memberikan perlindungan optimal untuk Si Kecil dari ruam popok. Sehingga proses pemulihan Si Kecil bisa lebih baik. Dengan Baby Happy Body Fit Pants, Ibu tetap bisa share the happiness bareng Si Kecil! Yuk dapatkan deretan produk Baby Happy Body Fit Pants di sini!

Sumber: 

Artikel Healthline Baby vomiting no fever: Why this happens and what to do. Diakses April 2024.