Ketahui Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Rabu, 17 Mei 2023

Tidur siang bukan hanya penting untuk orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak dan bayi. Ada banyak manfaat tidur siang yang dapat diperoleh oleh anak-anak dan bayi, seperti membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik mereka. Tidur siang juga membantu memperbaiki mood dan kinerja kognitif anak-anak, sehingga mereka lebih aktif dan produktif dalam belajar dan bermain. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan anak-anak dan bayi mereka memiliki waktu tidur siang yang cukup setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal. Yuk simak beberapa manfaat tidur siang untuk Si Kecil di bawah ini.

1. Menjaga Berat Badan Sehat

Ternyata tidur siang juga memiliki manfaat pada berat badan ideal Si Kecil. Dengan tidur siang yang cukup, anak akan memiliki waktu istirahat yang memadai sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingatnya. Karena konsentrasi yang baik, Si Kecil pun jadi bisa tetap aktif dan bergerak sehingga berpengaruh pada berat badan yang sehat. 

Berlandaskan hasil penelitian, anak-anak yang tidur siang secara teratur ternyata lebih unggul dalam memainkan permainan yang mengandalkan kemampuan ingatan. Dalam hal ini, manfaat tidur siang semakin teroptimalkan ketika dijadwalkan dengan konsisten dan sesuai kebutuhan.

2. Memperbaiki Mood

Manfaat tidur siang untuk anak selanjutnya adalah memperbaiki suasana hati. Si Kecil yang tidur siang dinilai memiliki suasana hati yang lebih baik daripada anak yang nggak tidur siang.

Penelitian menunjukkan jika anak usia di bawah 5 tahun yang nggak tidur siang lebih sering merasa gelisah dan tidak nyaman. Sedangkan, anak yang tidur siang secara rutin dan teratur akan membuat suasana hatinya lebih baik. Dengan menerapkan tidur siang secara rutin, anak akan lebih aktif saat beraktivitas. 

Artikel Lainnya: Tingkatkan Kualitas Tidur Bayi dengan Sleep Training

3. Membantu Terhindar Dari Penyakit

Tidur siang adalah salah satu cara mencegah berbagai macam penyakit dari Si Kecil. Kurang istirahat dapat menjadi penyebab mudahnya anak terserang penyakit. Oleh karena itu, memberikan waktu tidur siang yang cukup bagi anak sangatlah penting untuk menjaga kesehatannya dan mengurangi risiko terkena berbagai penyakit.

4. Membuat Emosi Anak Lebih Stabil

Tidur siang bagi Si Kecil sangat penting untuk memaksimalkan perkembangan emosinya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa balita yang kurang tidur dari empat belas jam setiap harinya cenderung lebih mudah merasa cemas dan rewel dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup.

Jadi, memberikan waktu tidur siang yang cukup dan teratur bagi anak kita akan membantu mereka tumbuh dengan emosi yang lebih sehat dan positif.

5. Mendukung Perkembangan Kognisinya

Memberikan waktu tidur siang yang teratur bagi anak dapat sangat membantu dalam proses belajar Si Kecil. Tidur siang dapat membantu anak mengingat dan mempertahankan informasi yang telah dipelajarinya, serta meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi.

Selain itu, tidur siang juga dapat membantu mengurangi kelelahan akibat aktivitas fisik dan bermain sepanjang hari. Kelelahan dapat mempengaruhi pola tidur anak, membuatnya sulit tidur di malam hari dan mengalami gangguan tidur. Dengan memberikan waktu tidur siang yang cukup, anak dapat merasa lebih segar dan siap untuk menghadapi aktivitas di hari berikutnya. Yuk, jangan lupa berikan waktu tidur siang yang cukup bagi Si Kecil!

6. Mengisi Ulang Energi Si Kecil

Seperti halnya dengan orang dewasa, tidur siang dapat membantu Si Kecil mengisi kembali energi yang telah terkuras selama beraktivitas.

Anak-anak sering merasa lelah karena banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan, termasuk bermain di luar rumah. Tidur siang dapat membantu anak merasa lebih segar dan bersemangat lagi untuk melanjutkan kegiatan mereka selama sisa hari. Jadi, jangan ragu untuk memberikan waktu tidur siang yang cukup dan berkualitas bagi anak-anak kita agar mereka tetap aktif dan bersemangat sepanjang hari!

Artikel Lainnya: Ibu dan Ayah, Ini Waktu yang Tepat Ganti Popok Si Kecil!

Dampak Si Kecil Nggak Tidur Siang

Menurut dr Rachman pada artikel suara.com, tidur siang yang tidak dicukupi dapat membuat hormon-hormon Si Kecil terganggu, seperti hormon pertumbuhan, sehingga mengganggu tumbuh kembang Si Kecil. 

Selain itu kurangnya tidur siang atau kurang istirahat, dapat membuat kekebalan tubuh Si Kecil menurun.

Tips Membantu Si Kecil Tidur Siang

Membantu Si Kecil untuk tidur siang yang nyaman dan berkualitas tentu menjadi prioritas setiap orang tua. Salah satu cara untuk memastikan kenyamanan tidur Si Kecil adalah dengan menggunakan popok yang nyaman dan berkualitas. Popok Baby Happy Body Fit Pants adalah salah satu pilihan yang tepat, karena dirancang khusus untuk menjaga kenyamanan Si Kecil selama tidur siang. Dengan daya serap EXTRA 70% dan ada inovasi air through technology membuatnya lebih lama kering dan menyerap lebih cepat. Selain itu kenyamanannya juga bisa dirasakan Si Kecil karena teksturnya yang lebih lembut & lebih tipis. 

Setelah Si Kecil menggunakan Baby Happy Body Fit Pants yang bisa kamu dapatkan di sini! Ciptakan juga suasana tidur yang nyaman untuk anak, bisa dengan menyalakan musik lembut atau mendongeng sebelum tidur. Tapi, tetap bantu komunikasikan dengan baik bersama Si Kecil mengenai kebutuhan tidurnya dan jangan memaksanya.  

Jadi itulah beberapa manfaat tidur siang anak yang perlu orang tua ketahui. Yuk terapkan tipsnya dan dapatkan manfaatnya. Moms Happy, Baby Happy!

Sumber: 

Kids Health (2020). Parents. Naps.

Artikel Suara.com  L Si Kecil Jarang Tidur Siang 

Web MD: Naptime Know-How: A Parent’s Guide